Definisi Akuntansi Menurut Sudut Pandang Ibu Rumah Tangga

Catatan Akuntansi Keuangan

Tak kenal maka tak sayang begitulah pepatah yang sering kita dengar.

Apa sih akuntansi itu. Kalau secara mudah pengertiannya itu jual beli barang sudah termasuk kegiatan akuntansi. Misal kita punya uang Rp 2.000.000 digunakan untuk beli android yang harganya Rp 1.500.000, sisanya Rp 500.000. Eehh, ada keluaran terbaru tupperware harganya Rp 600.000, ingin beli tapi tidak cukup karena kurang Rp 100.000, ya hutang dulu sama penjualnya. Jadi, begitulah analoginya dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita tidak mencatat secara rinci seperti yang terdapat dalam laporan keuangan.

Sebenarnya pada waktu saya kuliah ambil jurusan Akuntansi ini agak shock, saya harus belajar ekstra untuk memahaminya, mungkin lebih dari teman-teman saya karena pada saat saya SMA, saya ambil jurusan IPA, belajar IPS hanya Ekonomi tapi tidak memperdalam. Jadi, mungkin saya lah yang bertanya terus ke teman-teman. Setiap bertanya ke teman-teman, “eh, kok bisa gini sih, kok bisa gitu sih” ujung-ujungnya mereka bilang, memang begitu dari sana. Ya, saya tidak puas lah kalau jawabannya seperti itu. Akhirnya, saya menjalani semester demi semester penuh dengan pertanyaan “bisa tidak ya”, setelah dijalani bisa lulus juga dari kampus itu. Alhamdulillah.

Ok, lanjut..

Sebenarnya akuntansi itu penting tidak sih? Setelah saya pelajari selama 4 tahun masa belajar, penting banget untuk kehidupan sehari-hari di kalangan semua profesi bahkan untuk diri pribadi. Misal bagi yang mau lanjut sekolah, mesti memperhitungkan uang yang disimpan cukup atau tidak.

Nah, kalau kalangan ibu rumah tangga lebih puyeng lagi mengatur keuangannya karena yang dipikirkan banyak, mulai dari keperluan anak sampai suami, kalau bisa jangan sampai mendahulukan keinginan daripada kebutuhan, belum lagi kalau ada keperluan mendadak seperti ada sumbangan untuk orang meninggal ataupun ada hajatan lainnya. Lain hal nya dengan pimpinan perusahaan, dia harus memikirkan semuanya, contoh restoran rumah makan.

Bahan-bahan utama dan pelengkap semua didapat karena beli dulu dengan menggunakan modal meskipun ada juga karena dari sumber daya alam yang mereka punya misal pertanian dan peternakan. Kemudian, para karyawannya termasuk, kasir, pelayan, juru masak, tukang delivery order, bahkan staf yang memang di dalam kantor, juga perlu diperhatikan untuk upahnya. Belum lagi pengusaha ini juga memikirkan untuk pembayaran tanah, bangunan, peralatan.

Menurut Wikipedia, Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Jadi, kalau menurut saya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari adalah seni dalam bagaimana cara menyampaikan aktivitas dalam penggunaan uang sehingga jelas arus masuk dan keluarnya. Lalu sekarang apakah akuntansi memiliki hubungan erat dengan sebuah perusahaan???. Jawabannya akan saya tulis pada tulisan berikutnya. (DY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *