Bersama UNTAN Membangun Negeri

Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak
Image: AntaraNews.Com

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Universitas Tanjungpura yang kemudian biasa disingkat Untan adalah Perguruan Tinggi terbaik di pulau Kalimantan.[i] Pemeringkatan ini merupakan versi dari Webometric. Untan berada di posisi 40 dari 2120 perguruan tinggi,

Untan meninggalkan jauh perguruan tinggi lainnya yang berada pada zona Kalimantan. Misalnya untuk 200 besar Indonesia, Universitas Borneo Tarakan yang berada di Urutan 98, Universitas Mulawarman Samarinda urutan 118, dan Universitas Palangka Raya urutan 130.

Untan didirikan pada tanggal 20 Mei 1959, pertama kali berdiri bernama Universitas Daya Nasional oleh tokoh tokoh politik dan pemuka masyarakat kalmantan barat dengan 2 Fakultas: Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Universitas Daya Nasional yang sebelumnya berstatus perguruan tinggi swasta, dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) berdasarkan keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahum 1963 tanggal 16 Mei 1963.

Tanggal penegerian ditetapkan 20 Mei 1963. Perubahan ini ditandai pula dengan dibukanya 2 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik, serta perubahan Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. Perubahan nama kembali terjadi pada 14 September 1965, UNEP menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahum 1965, sekaligus pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

SEKILAS MENGENAI UNTAN

Nama Universitas Tanjungpura baru ditetapkan pada 15 Agustus 1967, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Diangkat sebagai Rektor adalah Letnan Kolonel CKH Muhammad Isja, SH. Untan berarti memiliki 5 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang sebelumnya adalah IKIP Bandung cabang Pontianak, resmi terintegrasi ke Universitas Tanjungpura pada tahun 1982.

Tahun 2000, tepatnya 22 Desember 2000 berdiri Fakultas Kehutanan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI, Yahya Muhaimin, Nomor 238/0/2000. 17 Januari 2002, dibentuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (persiapan). 10 Mei 2005 terbit Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), menandai hadirnya Fakultas Kedokteran di Universitas Tanjungpura. Hingga saat ini 9 Fakultas itulah yang ada di lingkungan Universitas Tanjungpura[ii]

Untan saat ini dipimpin oleh Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA yang telah dua periode menjabat sebagai Rektor Untan. Rektor dalam tugasnya dibantu oleh 4 Pembantu Rektor, antara lain: Pembantu Rektor I (Bidang Akademik) dipimpin oleh Dr. Aswandi, Pembantu Rektor II (Bidang Umum dan Keuangan) dipimpin oleh Dr. Rini Sulistiawati, S.E., M.Si., Pembantu Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) dipimpin oleh Prof. Kamarullah, S.H., M.Hum., dan Pembantu Rektor IV (Bidang Perencanaan dan Kerja sama) dipimpin oleh Prof. Dr. Arkanudin, M.Si.[iii] 

PROGRAM STUDI DI UNTAN

Demi memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang unggul khususnya di wilayah Kalimantan Barat, Untan menyediakan 63 Program Studi (Prodi) yang tersebar dalam 9 fakultas. Di Fakultas Hukum hanya memiliki 1 Prodi yaitu Ilmu Hukum. Sementara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari 4 Prodi yaitu, Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, dan Ekonomi Islam.

Fakultas Pertanian memiliki 7 Prodi, antara lain Agribisnis, Agronomi, Agroteknologi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Ilmu Tanah. Fakultas Teknik memiliki 11 Prodi yaitu, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Kelautan, Teknik Kelautan, Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Arsitektur.

Baca Juga: Bersama UNTAN Membangun Negeri

Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, terdapat 8 Prodi yaitu, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hubungan Internasional, Antropologi Sosial, Sosiologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Sosiatri. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah fakultas yang paling banyak prodi, yaitu 19 prodi. Antara lain, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematikan, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan IPS.

Fakultas Kehutanan hanya memiliki 1 Prodi yaitu Program Studi Kehutanan. Fakultas MIPA memiliki 9 Program Studi yaitu, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geofisika, Ilmu Kelautan, Sistem Komputer, Statistik, dan Sistem Informasi. Terakhir adalah Fakultas termuda, yaitu Fakultas Kedokteran yang memiliki 3 Program Studi, yaitu Pendidikan Dokter, Farmasi, dan Ilmu Keperawatan.[iv]

ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNTAN

Tidak hanya mendukung aktivitas akademis dengan menyediakan berbagai program studi, Untan juga memiliki berbagai Organisasi Kemahasiswaan atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat menunjang kemampuan non-akademik mahasiswa sehingga mampu bersaing dalam belantika kehidupan bermasyarakat.

Di tingkat Universitas, bagi mahasiswa yang ingin mengasah kemampuannya dalam bidang politik dan pemerintahan dapat bergabung dengan Badan Eksekutif Mahasiwa(BEM) atau Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Untan juga menyediakan UKM kerohanian, yang dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menguatkan aspek spiritual. UKM yang tersedia antara lain Badan Kerohanian Mahasiswa Islam (BKMI), Persatuan Mahasiswa Kristen (PMK), Keluarga Mahasiswa Khatolik(KMK), Keluarga Besar Mahasiswa Buddhis (KBMB) dan UKM Sahabat Qur’an.

Adapula UKM Bidang Khusus seperti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), UKM Pramuka, UKM Seperti MIliter Resimen Mahasiswa (Menwa), UKM KSR PMI Untan, UKM Hijau Bersih (Hiber), Gema Peduli NAPZA, Koperasi Mahasiswa (KOPMA), serta Jaringan Organisasi Internasional (JOINT). Dalam bidang Penalaran ada UKM Lingkar Ilmiah Studi Mahasiswa (LISMA), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM),dan UNIX.

Bidang kesenian bisa bergabung di UKM Seni Sarang Semut, UKM The Blue Jacket Drum Corps, atau UKM Orchestra. Di bidang olahraga tersedia UKM POBU (Persatuan Olahraga Beladiri Untan), UKM Selam, UKM Dayung, UKM Terjung Payung, dan UKM Bola Volly.[v]

UKM yang ada di Untan ini beberapa diantaranya memiliki aliansi Nasional, misalnya BEM yang bergabung dengan Aliansi BEM Seluruh Indonesia yang bergabung di dalamnya kampus kampus teratas Indonesia. BEM Untan bahkan pernah menjadi Tuan Rumah dalam perhelatan Musyawarah Nasional BEM Seluruh Indonesia pada Januari 2015[vi].

Pada saat itu hadir perwakilan BEM dari Aceh hingga Papua, serta perwakilan kampus teratas Indonesia lainnya. Sebagai hasil dari Munas BEM SI yg ke VIII itu BEM Untan menjadi Kordinator Wilayah BEM Kalimantan Barat dan Tengah. Begitu pula dengan DPM yang tergabung dalam Aliansi Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI).

Badan Kerohanian Mahasiswa Islam (BKMI) Untan juga tergabung dalam aliansi Nasional Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus(FSLDK). BKMI Untan juga menorehkan prestasi yang layak dibanggakan, karena berhasil menjadi Tuan Rumah dari Musyawarah Nasional FSLDK pada Februari 2015 yang menghadirkan perwakilan dari ujung barat hingga ujung Timur Indonesia[vii].

Untan memiliki prestasi yang baik baik dari segi akademik maupun non-akademik, menjadikannya memang layak menjadi Perguruan Tinggi Terbaik di Kalimantan. Bahkan Untan juga mampu bersaing dengan kampus kampus teratas di Indonesia bila tren positif terus dipertahankan. Hal ini tidak menutup kemungkinan karena saat ini Untan sedang banyak membangun Infrastuktur baru yang akan menunjang dan mendongkrak prestasi mahasiswa sehingga Untan dapat berjejer di posisi teratas Perguruan di Indonesia. Salam Bersama UNTAN Membangun Negeri. (AKT)

[i] http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia%20

[ii] http://www.untan.ac.id/sejarah-universitas-tanjungpura/

[iii] http://www.untan.ac.id/struktur-organisasi-universitas-tanjungpura/

[iv] http://www.untan.ac.id/program-sarjana-2/

[v] http://www.untan.ac.id/organisasi-kemahasiswaan-tingkat-universitas/

[vi] http://mimbaruntan.com/munas-bem-si-ke-viii-ketua-bem-untan-ini-sejarah-baru/

[vii] https://www.dakwatuna.com/2015/01/26/63083/fsldk-indonesia-akan-gelar-fsldkn-ke-17/#axzz5JsZRM0y1

One thought on “Bersama UNTAN Membangun Negeri”

  1. Sejak awal berdiri, UNTAN memiliki misi utama membangun para mahasiswanya menjadi generasi terbaik negeri. Dan sebagai salah seorang alumninya, Blogger Borneo merasa bangga bisa belajar dan menimba ilmu di universitas terbaik di Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *